Posted by : Riza Afriza Islami Sabtu, 14 Januari 2012

Jalan menuju Allah itu seluas bilangan makhluk. Sedang jalan untuk beribadah kepadaNya, seluas kesempatan yang telah Dia berikan kepada setiap makhluk. Luasnya ruang gerak untuk beribadah dan banyaknya jalan yang bisa dilalui untuk bertemu denganNya merupakan gambaran yang sangat jelas tentang bagaimana Maha Pemurahnya Allah SWT kepada setiap makhlukNya yang ada di bumi ini. 

"...tiang agama itu adalah shalat..." -HR. At-Turmudzy-
"...setiap langkah untuk menunaikan shalat adalah sedekah..." -HR. Bukhari-Muslim-
"...shalat itu adalah cahaya..." -HR. Muslim-
"Perbanyaklah sujud. Jika kamu sujud satu kali, Allah akan mengangkat derajatmu sebanyak satu derajat lebih tinggi dan menghapus satu dosamu" -HR. Muslim-
"Shalat lima waktu itu ibarat sungai yang mengalir di depan pintu rumah dan ia mandi lima kali setiap hari" -HR. Muslim-
"Perhiasan orang mukmin di hari kiamat adalah sampai pada batas wudhunya" -HR. Muslim-
"Batas pemisah antara seseorang dengan kekufuran adalah shalat" -HR. Muslim-
"Amal perbuatan yang dihisab pertama kali di hari kiamat itu adalah shalat" -HR. At-Turmudzy-



Subhanallah. Itulah makna shalat. Sungguh luar biasa kenikmatan yang dijanjikan Allah apabila kita bertakwa padaNya , salah satunya dengan menunaikan shalat. Saya pernah diberikan perumpamaan akan nilai shalat waktu saya masih kecil dulu.

Inilah perumpamaan yang saya kuti dari percakapan saya dan Pak I.
Pak I : Bayangkan jika nilai sedekah, zakat, puasa, dan mengaji itu masing bernilai 0. Berapa angka 0 yang kamu dapat?
Saya : Ada 4 angka 0, Pak.
Pak I : Apakah ada nilainya 4 angka 0 itu?
Saya : kan kalau diurut jadinya itu 0000.. Ya, tetap bernilai 0,Pak ..
Pak I : Tapi nilai Shalat itu adalah 1 dan selalu diletakkan di depan angka2 itu. Kalau kamu rajin shalat dan mendapat nilai 1 itu, kamu jadi punya berapa nilai?
Saya : jadinya ya 10000,Pak.
Pak I : itulah makna shalat. Shalat itu yang menyempurnakan ibadahmu yang lain. Jangan lupa shalat yaa..
Saya : Iya,Pak .. :)

Semoga kita menjadi salah satu yang selalu diridhoi Allah di dunia dan di akhirat. :)
Wassalam..

Leave a Reply

Leave your comments :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Markas Super Icul (Metrominimalist by Johanes Djogan) -