Posted by : Riza Afriza Islami Sabtu, 14 Januari 2012

         
      Aplikasi mobile sekarang ini lagi digandrungin banyak pihak. Orang-orang pada berlomba untuk membuat aplikasi mobile yang bisa support di OS smart phone yang lagi jadi tren. Beberapa OS mobile yang lagi jadi tren sekarang itu ya blackberry OS dan Android. Hampir tiap orang di tempat-tempat umum yang saya kunjungi pasti pada bawa BeBeh atau gak hape sentuh layar dehh (baca : android) sedangkan hape saya cuma hape yang dominan senam jari gara-gara saking kerasnya tuh keypad (gak nyambung). Di tulisan kali ini saya akan membahas beberapa perangkat lunak (baca:software) yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android OS. Mari disimak ya.

         Hal dasar yang harus dikuasain kalo mau jago buat aplikasi mobile ya udah jelas pemrograman Java. Nih bahasa Java udah mendunia loh. Hampir semua yang belajar IT / pemrograman di seluruh dunia pasti belajar bahasa Java. Harusnya Indonesia cukup berbangga hati (makin gak nyambung). Kalo udah menguasai bahasa Java, pasti gampang buat semua aplikasi mobile manapun. Saya yakin seyakin-yakinnya.

           Ini dia beberapa perangkat yang harus diinstal kalo mau buat aplikasi mobile berbasis androis OS :

1. Java SE
    Sebelum memulai pembuatan aplikasi mobile, Java sudah harus terinstal di komputer. Pada saat instalasi, harus sangat diperhatikan lo spesifikasi komputer yang kamu punya. Kalau spesifikasi di komputer kamu bagus, kamu bisa instal yang versinya bagusan. Link untuk mengunduh Java ada di bawah nii.

2. Android SDK
    Nah ini dia yang utama. Android SDK ini sangat membantu dalam membangun user interface dari aplikasi mobile yang kita buat dengan berbasis android tersebut. Instalasi Android SDK harus sesuai dengan OS yang kita gunakan. Pilihan jenis Android SDK sudah ada di link di bawah ini..

3. Eclipse
  Ini merupakan aplikasi editor yang digunakan untuk menginputkan koding-koding java sekaligus menghubungkan antara Java dengan Android SDK sehingga nanti koding Java yang kita buat bisa tampil pada Android SDK. Link yang bisa digunakan ada di bawah nii.

Nah, itu dia perangkat-perangkat yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi mobile berbasis android. Mudah-mudahan berguna untuk semua pengembang aplikasi ya. Happy Coding. :)

Leave a Reply

Leave your comments :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © Markas Super Icul (Metrominimalist by Johanes Djogan) -